Kamis, 23 Juni 2016

Daerahku

BALI
Bali adalah sebuah Provinsi di Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Denpasar. Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan Pariwisata. dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.
Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat kesenian dan peristirahatan, terletak di Kabupaten Gianyar. Nusa Lembongan adalah sebagai salah satu tempat menyelam (diving), terletak di Kabupaten Klungkung. Sedangkan Kuta, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan utama pariwisata, baik wisata pantai maupun tempat peristirahatan, spa, dan lain-lain, terletak di
Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara administratif Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten, 1 kotamadya, 55 kecamatan, dan 701 desa/kelurahan.

MAKANAN KHAS BALI
Makanan khas Bali umumnya bersifat eksotik dan unik, jarang ditemui di kehidupan sehari-hari di tempat lain. beberapa contohnya
Lawar, Lawar adalah makanan tradisional Bali yang sangat terkenal di pulau Bali dan tersedia di banyak restoran-restoran di Bali. Lawar adalah sayur-mayur yang dicampur dengan daging cacah, rempah-rempah, dan kelapa yang rasanya dipertajam dengan perasa alamiah.
Ayam betutu, Ayam betutu adalah hidangan yang terbuat dari ayam dengan rempah spesial. Bumbu yang digunakan terdiri dari kencur, jahe, bawang merah, bawang putih, daun salam, cabe dan kunyit. Semua bumbu itu dicampur dan dimasukkan ke dalam ayam. Ayam betutu biasanya disajikan pada saat acara tradisional di Bali seperti upacara pernikahan.
Cerorot, Cerorot terbuat dari tepung beras, gula merah dan garam yang dibungkus dengan daun kelapa dan dikukus. Makanan ringan ini biasa menjadi pelengkap kopi atau teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar